BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 02 November 2009

About Taxation

Mmm.. Pernahkan kamu bayangkan klo negara tanpa pajak?

Perpajakan di Indonesia dinilai sudah mampu mempertahankan kinerjanya. Kinerja disini diartikan bahwa dalam beberapa tahun belakangan komposisi penerimaan pajak dari Wajib Pajak (Badan atau Orang Pribadi) semakin bagus kinerjanya. Pendapatan Negara dari pajak naik +/- sebut saja 5%. Kinerja yang baik untuk para aparatur negara pengurus pajak dan etika yang baik dari para Wajib Pajak sebagai yang tertanggung.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang 70% berasal dari Pajak, mampu membiayai Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan. Rutin dalam hal ini membiayai gaji PNS, Polri, dan TNI. Sedangkan Pembangunan, misalnya Pembangunan Jembatan, Jalan, Gedung Pemerintahan, Universitas Negeri dan lain sebagainya. Maka dari sekitar Rp. 1000 Triliun Anggaran Negara, bayangkan 70%-nya yaitu Rp. 700 Triliun berasal dari pajak. Padahal angka sebesar itu masih belum seluruhnya tergali dari sekitar 12 juta Badan/ Orang Pribadi yang memiliki NPWP (artinya mempunyai kewajiban dalam membayar pajak).

Jadi tunggu apa lagi? Hitunglah pajak anda.. Bayarlah!! Untuk kondisi ekstrim; misalnya pendapatan negara 100% semuanya berasal dari pajak, maka hutang2 negara Indonesia akan cukup untuk dilunasi.. Bayangkan!! Artinya klo negara tanpa hutang.. Hanya satu tindakan yang mungkin tidak terbebani, yaitu PEMBANGUNAN dan pemberantasan Kemiskinan dapat terwujud dari Sabang sampai Merauke.

Anda bisa lihat Penerimaan Pajak sampai September 2009.
http://www.pajak.go.id/dmdocuments/Siaran%20Pers%2009102009.pdf
Dapat dilihat realisasi pendapatan negara dari pajak masih sekitar Rp. 90 Triliun lagi dari rencana untuk Tahun 2009. Masih cukup banyak, akan tetapi bukan hal yang mustahil untuk dapat terealisasi dengan berjalannya waktu untuk 2 bulan mendatang.

Semua kembali kepada hati nurani, dimana untuk mereka yang terbebani, terasa berat. Namun yang memaknai dan menjalankannya dengan penuh keikhlasan akan terasa ringan dan terbiasa.
Pajak-- Fenomena Luar Biasa.

0 comments: