BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 07 Oktober 2009

KKN Wanasari, Agrabinta, Cianjur ID

Wew,, sudah sekitar dua bulan aku lepas dari cengkeraman KKN. Awalnya terasa cukup berat, mengingat banyak teman-teman yang belum aku kenal. Satu persatu kita saling mengenal, saling menyapa, saling membagi.

Terdapat banyak perbedaan dari kita memang, tapi itu bukan suatu penghalang, malah lebih dari yang aku bayangin semua jadi satu dari keberagaman sifat, ilmu pengetahuan, serta komposisi membentuk suatu kelompok yang dapat memecahkan masalah formil maupun informil. Disini nilai KKN bukan segalanya, berbeda dari yang saya bayangkan. Ada sekitar 23 orang dimana terdapat 7 orang laki-laki, 16 orang perempuan. Ada yang dari Farmasi, Komunikasi, Perikanan, Ekonomi, Sastra Unpad.

Dengan berlalunya waktu, yang pula mengharuskan kita untuk saling mengenal, kita jadi akrab satu dengan yang lainnya. Jangankan dengan teman satu KKN, dengan teman-teman pemuda, ibu-ibu, bapak-bapak didesa tersebut kamipun sangat akrab satu dengan yang lain. Memang pernah ada masalah dimana ada segelintir orang yang ingin mengganggu tempat menginap kaum hawa, kami yang lelakipun diharuskan untuk piket setiap hari menjaga mess perempuan. Tuhan terimakasih karena sejauh itu kami menjaga tidak terdapat hal-hal yang dapat mengganggu ketentraman kita. Padahal justru awalnya, yang kita lihat di Wanasari adalah keprihatinan. Entah kenapa ditengah keprihatinan itu masih terdapat orang yang tidak sadar akan kondisi yang dialaminya. Namun hal itu hanya untuk beberapa orang, tidak menyeluruh. Yang anehnya justru di lokasi yang tidak berada jauh dari Ibukota Jakarta, masih terdapat daerah yang belum masuk listrik ataupun kelangkaan sumberdaya perairan. Namun itu diluar pengetahuan saya.

Berbagai tugas telah dilalui, berbagai masalah telah dipecahkan. Hanya dapat mengambil hikmahnya yang memang menurut saya patut untuk diambil dan disadari hal itu sebenarnya sangat bermakna dalam hidup ini. Persahabatan, kerjasama, konflik, aktivitas, renungan, dan saat hampa dirasakan oleh semuanya. Sampai di Bandung kami semua sampai dengan selamat. Satu bulan empat hari, tidak ada nilainya daripada yang kita dapat di Cianjur.

Hehehe.. Kita semua dapat A. Lihat Mereka.. Jangan Menyerah Kawan!!

0 comments: